Ciri-Ciri Autis Pada Anak

26 Jan 2014

ciri ciri autis pada anak

ciri ciri autis pada anak

Autis pada anak membutuhkan penanganan khusus, oleh karena itu dibutuhkan pendidikan dan informasi khusus bagi orang tua tentang bagaimana cara mengenal gangguan atau kelainan pada anak sedini mungkin serta mengetahui cara penanganan yang tepat.

Autisme : Gangguan perkembangan yang menunjukan adanya kelainan atau sindrom perilaku seperti, interaksi dan perkembangan sosial, tidak dapat berkomunikasi dengan normal, keinginan dan aktivitas yang terbatas, kaku, repetisi, kurangnya imajinasi. Beberapa perilaku pada anak yang mengalami gangguan autisme :

1. Indra Pendengaran : Menunjukan respon yang tidak wajar, seperti menikmati pancaran matahari dari balik jendela melebihi tingkat kewajaran anak pada umumnya, melakukan sesuatu hal dengan berulang-ulang dalam waktu yang cukup lama, dan lain sebagainya.

2. Perkembangan anak : Umumnya, perkembangan mereka sep erti anak-anak di bawah usianya, seperti cenderung mengekplorasi lingkungannya dan indra peraba, pengecapan dan pembauan.

3. Kontak Mata: Cenderung sangat kurang untuk melakukan kontak mata dengan orang lain disertai dengan perilaku yang tidak wajar, seperti tertarik dengan sinar atau benda gemerlap.

4. Berbicara : Mereka sangat jarang bahkan tidak pernah berbicara, seandainya pun mereka mengeluarkan suara, maka suara yang di keluarkan tidak jelas dan biasanya berupa teriakan-teriakan.

5. Bahasa tubuh: Anak yang mengidap autis tidak mampu memahami bahasa tubuh atau bahasa non-verbal dalam berkomunikasi.

6. Kepekaan emosi: mereka sangat kurang dalam memahami emosi orang lain dana bisa juga dikatakan sanagat kurangnya akan kepekaan dan perasaan.

7. Gerakan tubuh: Suka melambaikan tangan, berjingkat, mengoyangkan tubuh disertai dengan ekspresi wajah yang aneh, badannya yang sangat kaku, dan terkadang memutarkan badannya berulang-ulang tanpa merasakan pusing.

Agar anda dapat mengetahui gejala anak mengidap autis sedini mungkin, berikut poin-poin yang diambil dari ringkasan diatas mengenai indikator kelainan pada anak yang dapa digunakan untuk semua kalangan usia :

Bahasa atau komunikasi

Ekspresi wajah datar, Tidak menggunakan bahasa atau isyarat tubuh, Jarang memulai atau melakukan komunikasi, Tidak meniru aksi atau suara, Bicara sedikit atau tidak cukup mengetahui verbal, Mengulangi atau membelokkan kata-kata, kalimat dan nyanyian, Intonasi atau ritme vokal yang aneh, Terlihat tidak mengerti arti kata, Menggunakan kata secara terbatas atau harfiah

Hubungan dengan Orang lain

Tidak adanya responsif, senyum sosial, komunikasi dengan mata, kontak mata, Sangat asik bermain sendiri, menggunakan tangan orang dewasa sebagai alat.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post